Seputar Sekolah

Direktori

Agenda Kegiatan

Pengumuman Guru

Guru : Windy Safitra, S.kom
Untuk : 1B2,1B1,1UJP
Ujian KKPI Modul 2

Guru : Drs. Syafri Maaruf, M.si
Untuk : III A2
Ujian Remedial

Guru : Dra. Novriani
Untuk : Jurusan Manajemen Bisnis
Tugas Referensi Sistem

Guru : Hidayati, S.kom
Untuk : guru smkn 2 padang
implementasi thinkquest

Guru : Hidayati, S.kom
Untuk : seluruh siswa smk 2 padang
lomba blog

Guru : Drs. Safrizal Sabri
Untuk : Siswa Kls 1 A1, 1 A2, 1 A3, dan 1 D (TKJ)
Ujian Online KKPI (Spreadsheet)

Guru : Drs. Safrizal Sabri
Untuk : Siswa Kls 1 TI, 1 A1, 1 A2, 1 A3
Ujian Untuk Nilai Internet

Guru : Drs. Safrizal Sabri
Untuk : Siswa Kls 1 TI, 1 A1, 1 A2, 1 A3
Ujian Online Presentasi

[ Selengkapnya ]

Artikel

Web Info

Add to Technorati Favorites Powered by  MyPagerank.Net Yahoo bot last visit powered by MyPagerank.Net

Page Load

Counter Powered by  RedCounter

Pengunjung

free counters
iconSEJARAH SMK 2

 

Pemerakarsa dan gagasan lahirnya SMEA Negeri I padang

 

Sekitar akhir tahun 1951 bapak Agoes Taib S.H mengadakan pembicaraan dengan bapak Ali Loeis (almarhum) ditampat kediaman bapak Ali Loeis si Jalan Padang Pasir , Padang. Yang menjadi pokok pembicaraan adalah tentang bagaimana usaha dan langkah-langkah yang harus diambil untuk menanggulangi kesulitan yang dihadapi oleh para pemuda dan pemudi Sumatera Barat ini khususnya dan pemuda/i Sumatera Tengah umumnya untuk dapat meneruskan pelajaran dan pendidikannya, terutama mereka yang hasrat untuk belajar di sekolah-sekolah jurusan ekonomi, yang pada waktu itu belum ada di daerah ini.

Pikiran itu timbul, karena besarnya minat para pemuda itu dan masyarat Sumatera Barat terhadap usaha dan kegiatan dalam lapangan perekonomian dan terutama karena melihat kenyataan masyarakat daerah ini yang mengarahkan kegiatan pada usaha-usaha perdagangan/dagang.

Seperti kita ketahui,bahwa kedua orang tersebut diatas mempunyai latar belakang pendidikan ekonomi serta pernah mengajar pada sekolah dagang. Seperti bapak Agoes Taib S.H adalah bekas guru dari sebuah sekolah dagang yang ada di Kayu Tanam pada tahun 1941. disamping itu bapak Ali Loeis mempunyai ijazah M.H.S dan bertugas sebagai patih di Balai Kota Padang serta menjabat juga sebagai Kepala S.P.K (Seksi Perekonomian dan Kemasyarakatan)pada Kantor Gubernur Sumatere Tengah di Padang. Bapak Ali Loeis disamping menjabat perkejaan seperti tersebut diatas tadi, beliau juga adalah sebagai Direktur dari Sekolah Menengah Ekonomi Atas (S.M.E.A) HERMES di Padang,yaitu sebuah sekolah menengah ekonomi swasta.

Sebagai kesimpulan dari pembicaraan itu, diputuskan untuk mendirikan sebuah Sekolah Menengah Ekonomi Atas si Padang dan akan diusahakan sedapat-dapatnyamenjadi sebuah sekolah negeri. Sebagai Kepala Sekolah di tetapkan bapak Ali Loeis, sedangkan bapak Agoes taib S.H bertindak sebagai Wakil Kepala Sekolah. Penunjukan bapak Agoes Taib S.H sebagai Wakil Kepala Sekolah tanpa adanya suatu surat keputusan.

Untuk melealisir keputusan tadi, maka pada awal tahun ajaran 1952/1953 dimulailah pengadaan penerimaan calon siswa baru bertempat dikantor Inspeksi S.M.P Sumatera Tengah dan pada bulan November 1952 pelajaran dapat dimulai dengan mengambil tempat belajar menumpang di gedung S.G.K.P Negeri Padang (Pasar Ambacang)

Waktu belajar yaitu sesudah selesainya pelajaran S.G.K.P mulai dari jam 13.00 sampai 17.00.

Banyaknya siswa pada permulaan sebanyak 2 kelas atau 63 orang. Tenaga-tenaga pengajar seluruhnya terdiri dari guru honorair yang berasal dari guru-guru S.M.A Negeri Padang dan ditambah dengan beberapa orang tenaga lainnya yang berasal dari jawatan atau instansi Pemerintah atau swasta.

Dalam usaha penegarian sekolah ini ke Jakarta, bantuan dari Gubernur Sumatera Tengah bapak Ruslan Muljoharjo (alm) tidak kecil artinya. Oleh karena murid-murid telah terdaftar, tempat belajar telah ditentukan, sedangkan guru-guru yang akan mengajar telahada pula, maka sambil mengerjakan urusan dinas pemerintahan ke Jakarta, bapak Ali Loeis pun diberi kesempatan pula untuk mengurus penegarian SMEA yang baru itu.

Karena kegigihan dan ketabahan dalam mengurus penegerian SMEA ini kepihak ke PKK di Jakarta, maka keluarlah surat keputusan Menteri Pendidikan,Pengajaran dan kebudayaan Republik Indonesia tanggal 3 Juli 1952 No. 2777/B untuk menjadikan dan mendirikan S.M.E.A Negeri padang, dengan Kepala Sekolah bapak Ali Loeis.

Panitia pendiri dan usaha-usahanya.

Dari keterangan-keterangan diatas dapat dilihat, bahwa usaha untuk mendirikan sebuah Sekolah Menengah Ekonomi tingkat Atas di Padang adalah atas usaha dan inisiatif bapak Ali Loeis (almarhum) dan bapak Agoes Taib S.H. tidak ada suatu panitia yang dibentuk untuk itu. Kedua beliau itulah yang boleh dikatakan sangat berjasa besar dalam hal ini. Dengan segala kemampuan dan tenaga yang ada dan dengan bantuan pikiran dan dorongan dari teman serta kawan beliau ditambahdengan bantuan dan dukungan moreel dan materil dari pemerintah daerah, maka akhirnya berdirilah S.M.E.A Negeri Padang.

Sebuah sekolah tidak akan lancar kalannya jika tidak dibantu dengan tenaga-tenaga administrasi sekolah.

Maka untuk mengerjakan pekerjaan administrasi sekolah bapak Ali Loeis mengambil tenaga yang ada dikantor beliau di SPK. Yaitu Sdr. Moh. Djana St. R, Melenggang (bekas asisten Wedana). Kepada bapak Moh.Djana dipercayakan untuk menyelenggarakan dan mengendalikan pekerjaan administrasi sehari-hari di sekolah. Beliau lansung diangkat sebagai kepala kantor S.M.E.A Negeri Padang.

Disamping itu bapak Agoes taib berusaha pula mencari dan mengajak teman-teman beliau di S.M.A Negeri Padang untuk mengajar di S.M.E.A Negeri Padang. Beliau-beliau itu antara lain adalah: Bapak.M.Zen Djamil S.H, Bapak.Ali Basyah, Bapak. Simon Van Harten, Bapak Zainudin Aziz dan lain-lain.

Syarat-syarat yang perlu untuk menegerikan suatu sekolah pada waktu itu adalah adanya murid dan guru. Jika kedua syarat itu telah terpenuhi, maka dapat lah sekolah yang bersangkutan dijadikan sekolah negeri. Jadi tidaklah sulit seperti sekarang.

Dengan surat keputusan Menteri P.P.K tgl. 3 Juli 1952 No. 2777/B dengan resmi dibukalah S.M.E.A Negeri Padang. Upacara peresmiannya diadakan diaula S.M.P Negeri III Padang, Jalan Pulau Karam, pada tanggal 3 November 1952. tempat ini merupakan tempat kedua tempat belajar S.M.E.A Negeri Padang sesudah di S.G.K.P Negeri Padang.

Pada kesempatan ini marilah kita menundukkan kepala mengheningkan cipta semoga arwah bapak Ali Loeis akan ,mendapatkan balasan yang setimpal atas jasa-jasa beliau itu.

Sumber dana.

 

Dalam rangka usaha mengadakan dan mendirikan S.M.E.A Negeri di Padang pada tahun permulaan sumber dana untuk keperluan pembiayaan diperoleh dari :

1. Usaha gotong royong dari masyarakat.
2. Bantuan dari pemerintah Daerah.
3. Uang pembangunan siswa.

Semua biaya perjalanan untuk pengurus dan mengusahakan penegerian sekolah ini ke Jakarta tidak tersedia secara tersendiri. Biaya perjalanan bapak Ali Loeis ke Jakarta tidak pernah sekolah yang mengeluarkan, dicukupkan saja biaya dinas dari kantor Gubernur.

Biaya-biaya yang diperlukan untuk membayar honor guru-guru tidak menjadi masalah yang pokok. Guru-guru pada umumnya telah bersedia secara sukarela untuk mengajar pada S.M,E,A ini, dengan harapan agar usaha penegeriannya dapat berhasil dengan baik kalaupun dibayar honornya, tetapi jumblahnya tidaklah menurut semestinya. Namun kegairahan nampak dari para guru-guru tersebut, dalam menjalankan tugasnya masing-masing. Mereka sudah bertekad, bahwa untuk berjuang memang menghendaki pengorbanan, baik dengan tenaga maupun dengan fikiran kalau perlu materil.

Adapun mengenai tempat belajar, setelah selasai diresmikan menjadi S.M.E.A Negeri Padang, maka oleh kepala sekolah (bapak Ali Loeis alm.) diadakan pembicaraan dengan bapak Gubernur Sumatera Tengah bersama-sama dengan P.U Propinsi. Akhirnya dapatlah persetujuan untuk mendirikan gedung baru secara darurat di daerah Simpang Haru Padang atas persetujuan dari bapak Wali Kota Padang bapak Dr. Rasyidin. Penempatan tanah ini untuk bangunan gedung baru S.M.E.A Negeri Padang adalah tanpa adanya suatu surat penepatan.

Pada akhir tahun 1953 mulai dibangun 5 lokal darurat dengan konstruksi bangunan: dinding tadir , lantai semen, atap seng, tiang dari kayu dan loteng dari tadir juga. Bangunan itu hanya untuk ruangan belajar saja, sedangkan ruangan untuk majelis guru dan ruang kantor yidak dibangun sama sekali. Untuk tempat ruang kantor dan ruang majelis guru dipakai saja ruang belajar yang agak besar. Bangunan ini baru selesai pada tahun 1954.

Biaya bangunan ini diperoleh dari bantuan bapak Gubernur Sumatera Tengah yang besarnya kurang lebih Rp.125.000.

 

iconVISI dan MISI

1. VISI

Mewujudkan SMK Bidang Bisnis dan Manajemen, Teknologi Informasi Komunikasi dan Pariwisata Bertaraf Internasional

2. MISI


  •  
Menghasilkan lulusan yang memiliki jati diri bangsa dan keunggulan kompetitif di pasar nasional dan global
  •  
Menjadikan lembaga Tempat Uji Kompetensi (TUK) bertaraf nasional dan Internasional
  •  
Menerapkan Manajemen Mutu ISO 9001 - 2008 dalam pengelolaan manajemen sekolah
  •  
Menerapkan ISO 14000 dalam pengelolaan lingkungan sekolah
  •  
Mengembangkan kerjasama dengan Industri dalam dan luar negeri
  •  
Mengembangkan Potensi Lokal menjadi keunggulan komparatif

 

iconSASARAN SMK 2

Pengambaran hal yang ingin terwujudkan melalui tindakan - tindakan yang diambil organisasi guna mencapai tujuannya (target terukur)

1. Tersedianya SDM yang mampu menganalisis kurikulum, program pengajaran, satuan pelajaran, bahan ajar sesuai kebutuhan dan relevan, terkemas dengan rapi, sitematis dan menarik
2. Terealisasinya potensi SDM untuk mengembangkan sekolah berstandar Nasional dan Internasional
3. Tersedianya sarana dan prasarana untuk pelatihan siswa yang berstandar Nasional
4. Tersedianya program keahlian unggulan yang dapat diangkat kekahasanah Internasional
5. Meningkatkan koordinasi masing - masingunitkerja/jurusan
6. Terwujudnya sitem dokumentasi dan kearsipan yang baik
7. Terwujudnya sitem standarisasi mutu diklat keahlian pada uji kompetensi di masing - masing jurusan
8. Tersedianya hardware dan software SIM internal dan eksternal Nasional dan Internasional
9. Terdapatnya unit produksi yang betul - betul dikelola dengan baik dan transparan
10. Tersedianya sitem pengelolaan fasilitas

 

 iconTUJUAN SMK 2

1. meningkatkan kapasitas pondasi SDM untuk mengembangkan tujuan SMK Negeri 2 Padang
2. Meningkatkan keprofesionalan dan komitmen SDM
3. Meningkatkan pelaksanaan fungsi - fungsi organisasi dan manajemen
4. Mewujudkan lembaga terjamin mutu melalui kompetensi
5. Mengembangkan system pembelajaran yang kreatif dan inovatif
6. Mengembangkan program keahlian untuk mencapai sekolah yang berstandar Nasional dan Internasional
7. Mewujudkan unit bisnis yang profesional
8. Meningkatkan peran serta Pemerintah Daerah dalam pembiayaan pendidikan
9. Menyediakan fasilitas tiap program keahlian dari segi jumlah dan mutu
10. Meningkatkan daya perawatan dan pemeliharaan
11. Menciptakan organisasi manajemen transparan
12. Membagikan tugas habis kepada seluruh guru dan staf TU yang tertuang dalam Job Discription
melaksanakan tugas secara konsisen
13. Meningkatkan kwalitas dan kwantitas yang mendukung pelaksanaan CBT
14. Menigkatkan kinerja dalam proses PBM
15. Meningkatkan kemampuan guru Produktif, Adaptif dan Normatif dalam rangka mendukung tercapainya sekolah berstandar Nasional dan Internasional
16. Meningkatkan Kwalitas tenaga administrasi
17. Meningkatkan sistem pembelajaran siswa dengan menggunakan modul
18. Meningkatkan sistem pembelajaran siswa delam prekrin dalam den luar negeri
19. Meningkatkan sistem pembelajaran siswa dengan master learning
20. Meningkatkan kemampuan siswamelalui kegiatan ekstra kurikuler
21. meningkatkan kemampuan siswa melalui wawasan mandala
22. Meningkatkan kemampuan siswa melalui kegiatan osis
23. Meningkatkan sumber daya (fasilitas pembelajaran) dalam rangka memenuhi kebutuhan
24. Memberdayakan secara maksimal fasilitas yang ada dalam menunjang pembelajaran dengan pendekatan CBT
25. Meningkatkan pelaksanaan perawatan fasilitas alat praktek
26. Meningkatkan kepedulian warga sekolah terhadap lingkungan 7k
27. Meningkatkan pemanfaatan lingkungan dalam menunjang kegiatana sekolah.
28. Meningkatkan kepedulian warga sekolah tentang lingkungan berbagai sarana bisnis
29. Meningkatkan kwalitas hubungan kerjasama dengan DU/DI
30. Meningkatkan hubungan kerjasama dengan instansi terkait dalam rangka program prakrin
31. Meningkatkan hubungan kerjasama dengan assosiasi profesi dalam rangka sertifikasi
32. Meningkatkan hubungan kerja sama dengan pihak luarnegeri dalam rangka menuju SMK yang berstandar Nasional dan Internasional
33. Menungkatkan kegiatan UP dalam rangka manikan omzet
34. Meningkatkan kegiatan UP dalam rangka memenuhi kebutuhan ekonomis warga sekolah
35. Meningkatkan dukungandanperalihan dana di Pemerintah (Kabupaten/kota)
36. Meningkatkan dukungan dan peralihan dana dari pemerintah pusat (Depdiknas)
37. Meningkatkan dukungan dan peralihan dana dari alumni

 

iconIDENTITAS SMK 2

Nama Sekolah               
:
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) 2
Status :
NEGERI
Kelompok :
BISNIS MANAJEMEN, TEKNOLOGI, DAN PARIWISATA
Alamat  :
Jl. DR. Sutomo No. 5 Padang, Telp/Fax (0751) 21930, e-mail : smkn2_padang@yahoo.co.id
Propinsi :
Sumatera Barat

BIDANG/PROGRAM KEAHLIAN YANG DIBUKA :

1. AKUNTANSI
2. ADMINISTRASI KANTOR
3. MENAJEMEN BISNIS
4. TEKNOLOGI KOMPUTER JARINGAN (TKJ)
5. USAHA JASA PARIWISATA

 

iconSUMBER DANA

Sumber dana :

* Komite Sekolah
* Pemda
* Alumni
* Unit Usaha Produksi Sekolah (UP)